Site icon Yolo Trip Adventure

Hidden Gem Jawa Tengah, Kalian Harus Coba Mampir!

Jawa Tengah merupakan provinsi di Pulau Jawa dengan banyak variasi destinasi wisata yang indah nan menarik yang wajib dikunjungi. Meski kerap menjadi obyek liburan, Jawa Tengah rupanya menyimpan banyak tempat wisata alam yang tetap tersembunyi dan tidak banyak diketahui orang. Padahal, tempat wisata alam ini menyuguhkan keindahan yang luar biasa dengan pesona kekuatan tarik tersendiri.

Tempat wisata alam tersembunyi di Jawa Tengah umumnya tetap baru, umumnya terletak di tempat yang terpencil, atau belum lazim dijadikan sebagai destinasi wisata bagi banyak orang. Meski demikian, tempat-tempat layaknya ini punya keuntungan tersendiri, kalau Anda bisa lebih nikmati suasana alam yang asri sebab belum banyak banyak dikunjungi oleh wisatawan, terlebih di selagi musim liburan.

1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan bukit dengan ketinggian 400 mdpl. yang punya panorama alam yang indah. Terletak lumayan dekat dengan Candi Borobudur, Anda bisa berkunjung ke sini untuk nikmati kemegahan Borobudur dari sisi lain.

Di sini, Anda bisa lihat keindahan sunrise dan sunset yang menawan sambil nikmati udara sejuk. Punthuk Setumbu memperlihatkan panorama Candi Borobudur dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang begitu indah.

2. Telaga Sunyi

Salah satu tempat wisata alam tersembunyi yang bisa Anda kunjungi di Jawa Tengah adalah Telaga Sunyi. Terletak di rimba Wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tempat ini menyuguhkan panorama telaga dengan air yang jernih dan panorama alam yang asri. Telaga berkedalaman maksimal 3 mtr. ini dikelilingi bebatuan kali. Di sekitarnya terhitung ada jalur setapak agar memudahkan pengunjung untuk nikmati pemandangan.

Bagi Anda yang malas basah–basahan, panorama telaga yang dikelilingi bebatuan kali, panorama hijau dan air yang jernih terhitung bisa dinikmati. Disekitar telaga ini disajikan jalur setapak bagi Anda yang menghendaki jalan–jalan di lebih kurang telaga untuk nikmati pemandangannya.

3. Air Terjun Kalipancur

Tempat wisata alam di Jawa Tengah terhitung yang tetap belum banyak diketahui yaitu Air Terjun Kalipancur. Destinasi air terjun ini bisa Anda tempuh lebih kurang 14 kilometer ke arah barat dari kota Salatiga. Belum banyak dikunjungi wisatawan, panorama air terjun Kalipancur tetap asri dengan sungai dan batu-batu alam sekitarnya yang bisa menenangkan pikiran. Air terjun ini dilengkapi dengan jalur setapak yang menyuguhkan panorama alam yang indah. Untuk sampai pada air terjun ini, Anda perlu memarkir kendaraan 3 kilometer dari lokasi air terjun.

4. Pantai Pecaron

Selain wisata air terjun dan telaga, ada pula pantai yang bisa Anda kunjungi untuk melepas penat. Pantai Pecaron merupakan pantai di sisi selatan Jawa Tengah, tepatnya berada di Desa Srati, Kebumen. Kawasan pantai ini tawarkan lanskap yang indah, berupa layaknya laguna yang dikelilingi bukit-bukit hijau. Pantai dengan pasir yang lumayan bersih ini punya muara sungai yang menyambung langsung ke laut.

Untuk sampai ke Pantai Pecaron, Anda perlu memarkirkan kendaraan di Desa Srati, lantas jalur kaki sedikit ke tempat pantai. Karena tetap belum banyak wisatawan, fasilitasnya terhitung tetap terbatas. Anda perlu ke Desa Srati untuk melacak beraneka sarana yang memadai.

5. Bukit Pangonan

Terletak di tempat pariwisata dataran tinggi Dieng, Bukit Pangonan punya panorama yang asri dengan view padang savananya. Uniknya, padang savana tidak terdapat di tempat wisata lainnya di Jawa Tengah lho.

Pemandangan padang savana yang membentang ini dapat berganti tampilan tergantung dari suasana musimnya. Saat kemarau, padang dapat ditumbuhi rumput-rumput kuning kering dan dikala terkena cahaya matahari dapat memancarkan warna coklat keemasan yang indah. Saat musim hujan, padang savana dapat menjadi padang rumput hijau yang memanjakan mata.

Exit mobile version